10 Spot Wisata Gunung Kidul Jogja

Banyak yang bilang Yogyakarta itu kota sejuta wisata yang berhasil memikat hari para pengunjungnya. Benar! Kami sangat setuju dengan hal itu. Mengapa? Yogyakarta memiliki pesonanya sendiri yang berbeda dari kota-kota lain di Indonesia. Memang, setiap kota memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Di saat kota besar berlomba mendapatkan perhatian dari gemerlap kehidupan dan hiruk pikuk yang menjadi rutinitas, Yogyakarta masih memiliki sudut lain yang sebaiknya tidak terlewatkan dari daftar kunjungan. Seperti 10 spot wisata Gunung Kidul berikut ini yang dijamin siap membuatmu terhibur dan lepas sejenak dari tekanan rutinitas harian.

1. Pantai Siung

Letak tepatnya ada di Desa Purwodadi, Tepus. Pantai ini terkenal akan area panjat tebingnya yang relatif curam dan memiliki tingkat kesulitan beragam. Kamu yang hobi wisata sambil menantang andrenalin bisa mengunjungi Pantai Siung ini.

Soal keindahan tak perlu diragukan. Dengan hamparan pasir putih yang luas dan batu karang yang kokoh membuat kamu akan mengerti betul arti keindahan setelah melewati medan yang relatif menantang.

2. Pantai Jogan

Kalau pantai yang satu ini terkenal akan pemandangan air terjun mini yang langsung bermuara ke lautan lepas. Masih berada di area yang sama dengan Pantai Siung, Pantai Jogan juga tak kalah mampu menampilkan pemandangan unik yang jarang bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul.

3. Air Terjun Sri Gethuk

Destinasi wisata yang satu ini memang benar-benar area wisata berupa air terjun. Sekilas, air terjun Sri Gethuk ini memiliki keindahan yang serupa dengan yang ada di Grand Canyon Amerika Serikat.

Sama-sama indah, sama-sama keren, tapi biaya mendapatkan pemandangan satu ini relatif lebih murah. Terlebih kalau berkunjung pada saat musim hujan, saat air terjun ini menampakkan pelangi cantik yang wajib difoto.

4. Goa Gelatik

Wisata sambil olah raga itu juga bisa dilakukan di Gunung Kidul. Kalau tidak percaya, kamu bisa mengunjungi Goa Gelatik. Goa satu ini diketahui telah berusia ribuan tahun dan dikenal sempat digunakan sebagai tempat bertapa. Ini dikarenakan tipikal Goa Gelatik yang gelap cukup panjang, yakni sekitar 400 meter. Apa yang menjadi tantangan? Cobalah melewati jalan-jalan sempit yang ada di dalam goa!

5. Goa Jomblang

Kalau Goa Gelatik terkenal sebagai tempat bertapa, beda halnya dengan Goa Jomblang yang mampu memukau karena keunikannya sebagai goa vertikal.

Di dunia ini diketahui hanya ada dua goa vertikal dan salah satunya di Yogyakarta! Ingin melihat cahaya surgawi? Berkunjunglah ke Goa ini pada pukul 10.00 hingga 12.00 dan kamu akan melihat cahaya lurus yang memasuki mulut gua seolah seperti cahaya surga.

6. Gunung Api Purba Nglanggeran

Butuh tipe tantangan lain? Coba mendaki ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Setelah mencapai puncak, jangan kaget begitu melihat pemandangan luar biasa, terutama ketika menjelang matahari terbit di ufuk timur.

7. Cave Tubing Kalisuci

Mari berwisata air di Goa Kalisuci. Di sini kamu bisa menikmati aktivitas cave tubing, menjelajahi goa dengan menggunakan ban-ban sebagai kendaraan selama berada di dalam goa.

Goa Kalisuci memang memiliki medan yang berbeda dibandingkan goa lain yang tidak tergenang air pada area dalamnya. Usahakan mengunjungi tempat ini pada saat musim kemarau, karena pada musim penghujan tentu volume air meningkat dan Anda tidak memiliki kesempatan untuk cave tubing.

8. Pantai Sadeng

Wisata kuliner di Gunung Kidul? Tentu saja bisa dan manfaatkan kesempatan selama berada di Gunung Kidul untuk menikmati sajian hasil laut.

Bahkan kamu bisa memilih sendiri (calon) seafood-mu ketika masih dalam keadaan segar alias hidup! Pantai Sadeng akan jadi destinasi yang tepat jika kamu mau menikmati hasil laut segar yang diolah sempurna dengan harga yang relatif murah.

9. Pantai Timang

Inilah destinasi wisata penantang adrenalin lainnya di Gunung Kidul. Pantai Timang terkenal berbeda dari pantai lainnya yang menawarkan pemandangan eksotis karena pantai ini justru menawarkan wisata menantang untuk menaiki gondola tradisional menuju karang besar yang terpisahkan lautan.

Apa yang menambah tantangannya? Selain menggunakan gondola apa adanya, di bawah sudah siap aduan ombak besar khas lautan lepas di selatan pulau Jawa. Waw!

10. Hutan Wanagama

Ingin wisata yang lebih santai? Hutan Wanagama bisa menjadi alternatif, sekadar lepas dari rutinitas harian di kota. Menikmati berbagai kekayaan alam khususnya tumbuh-tumbuhan yang beragam ada di Hutan Wanagama ini. Tertarik berkunjung?

Itu dia 10 spot wisata Gunung Kidul yang kami rekomendasikan sebagai lokasi wisata hits yang instagrammable. Tentu saja karena pemandangannya yang unik, jangan lupa diabadikan dalam foto dan bagian di media sosialmu. Ayo, angkat eksistensi wisata dalam negeri supaya Indonesia, terutama wisata Gunung Kidul Yogyakarta, lebih dikenal di kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *